Memori Ponsel Penuh? Lakukan 5 Tips Ini Berikut Daftar HP Android Gunakan Snapdragon 8 Gen 3 Terbaru 

Ilustrasi (Dok:Net)

JAKARTA (SURYA24.COM) -  Pada era di mana teknologi terus berkembang, ponsel cerdas atau smartphone menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Salah satu aspek yang terus berkembang dari perangkat ini adalah kemampuan penyimpanan atau memori yang semakin besar dan cepat. Hal ini tidak terkecuali pada Snapdragon 8 Gen 3, sebuah inovasi terbaru dari Qualcomm yang membawa revolusi dalam kinerja ponsel Android.

Memori dalam ponsel sangat penting karena memengaruhi kinerja keseluruhan perangkat. Kapasitas penyimpanan yang luas memungkinkan pengguna untuk menyimpan lebih banyak data, mulai dari aplikasi, foto, video, hingga berkas-berkas penting lainnya. Selain itu, kecepatan baca-tulis memori juga memengaruhi responsifitas perangkat, seperti kecepatan dalam membuka aplikasi, memuat halaman web, dan berbagai tugas sehari-hari.

Sementara snapdragon 8 Gen 3, yang merupakan prosesor terbaru dari Qualcomm, menonjolkan inovasi pada sektor memori yang sangat signifikan. Prosesor ini menggunakan teknologi terkini yang mendukung memori LPDDR5X, menghadirkan kecepatan transfer data yang luar biasa cepat dan efisiensi daya yang lebih baik.

5 Cara

Mengutip okezone.com, inilah cara mengatasi memori ponsel penuh yang perlu Anda ketahui. Kasus ini sering terjadi meski pengguna jarang menginstal aplikasi atau mengambil banyak foto atau video.

Penyebab memori internal penuh bermacam-macam, mulai dari terlalu banyak dokumen atau aplikasi, atau bisa juga karena virus yang menyerang. Sayangnya, tidak banyak orang yang mengetahui cara mengatasi masalah ini.

Lantas, bagaimana cara mengatasi memori ponsel yang penuh? Simak ulasannya berikut ini.

1. Nonaktifkan Opsi Pembaruan Otomatis Google Play Store 

Bagi Anda pengguna ponsel Android, Google Play Store menyediakan fitur update APK otomatis. Fitur ini biasanya digunakan agar kita tidak perlu repot-repot membuka Google Play Store untuk melakukan update.

Akan tetapi, dengan adanya fitur ini juga bisa menjadi masalah, terutama ketika memori HP Anda sudah penuh. Jika sudah demikian, sebaiknya matikan fitur update otomatis untuk mengatasi memori HP yang penuh, sehingga Anda bisa mengatur sendiri kapan akan melakukan update.

2. Rajin Bersihkan Cache atau File Sampah 

Ancaman ini berarti sebagai bahaya "tak terlihat" karena membuat memori HP seperti tiba-tiba penuh. Data-data ini bisa dikatakan sebagai sampah di HP. Ukurannya memang sangat kecil, namun jumlahnya juga besar sehingga bisa membuat memori HP membludak.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menerapkannya:

• Buka menu Settings;

• Masuk ke menu Aplikasi;

• Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus cache-nya;

• Klik Hapus Cache di menu Info Aplikasi.

3. Hapus aplikasi yang tidak perlu 

Ini bisa dibilang kebiasaan hampir semua pengguna ponsel. Menganggap bahwa memori ponsel masih tersedia besar, membuat pengguna terlena untuk menginstal banyak aplikasi.

Padahal, pada akhirnya lebih banyak yang hanya menjadi pajangan daripada benar-benar digunakan. Nah, Anda perlu menghapus aplikasi yang benar-benar tidak diperlukan untuk membebaskan lebih banyak ruang penyimpanan.

4. Hapus Foto dan Video

Semakin besar resolusi kamera, semakin besar pula gambar dan ukuran file. Terutama jika menggunakan banyak efek seperti mode malam.

Selain itu, video juga bisa menjadi sumber masalah kehabisan memori ponsel Anda. Apalagi bagi Anda yang suka bermain TikTok atau Instagram Stories. Anda pasti akan lebih sering menyimpan video di ponsel Anda.

Cara yang harus Anda lakukan sama dengan penanganan file sampah atau cache. Periksa galeri Anda untuk mencari foto atau video berukuran besar yang sudah tidak Anda perlukan dan hapuslah.

5. Matikan Auto-Download Media di Whatsapp

Layaknya fitur auto update di Google Play Store, fitur di WhatsApp ini akan menjadikan pengguna secara otomatis mengunduh media yang dikirim di WhatsApp. 

Jalan keluarnya adalah dengan mematikan fitur unduh otomatis tersebut. Mungkin akan sedikit merepotkan jika harus mengunduh media yang dikirim satu per satu. Namun, sisi positifnya adalah Anda bisa memilih mana konten yang penting dan mana yang tidak.

 

Itu dia lima tips untuk mengatasi memori ponsel yang penuh. Semoga bermanfaat untuk Anda. (Salsabila Nur Azizah)

Gunakan  Snapdragon 8 Gen 3 Terbaru

Dibagian lain daftar smartphone yang bakal pakai chipset Snapdragon 8 Gen 3 menjadi menarik untuk disimak. Pasalnya, chipset andalan perangkat Android keluaran Qualcomm yang diumumkan minggu lalu ini diketahui mendukung berbagai pengalaman AI baru.

Dilansir dari situs 9To5Google yang dikutip okezone.com, Rabu (1/11/2023), Snapdragon 8 Gen 3 dibangun pada proses 4nm dan memiliki tata letak inti 1+5+2. Chip ini membuka lebih banyak fitur lintas perangkat melalui “Snapdragon Seamless”-nya.

Hasil ujinya pada benchmark juga sangat tinggi, hampir dikatakan mendekati dan mampu mengalahkan chip Apple A17 Pro yang disematkan pada seri iPhone 15 Pro yang diluncurkan Apple baru-baru ini.

 

Dengan berbagai keunggulan tersebut, Xiaomi 14 telah menjadi smartphone pertama yang menyematkan chip ini di perangkatnya. Sayangnya, smartphone ini baru dirilis di China dan diperkirakan baru tersedia secara global di tahun depan.

Meskipun demikian, Qualcomm sendiri telah mengonfirmasi lebih dari selusin merek smartphone Android besar lainnya yang juga akan menyusul penggunaan Snapdragon 8 Gen 3 pada produk terbarunya nanti.

Berikut ini daftar smartphone yang diperkirakan bakal pakai Chipset Snapdragon 8 Gen 3, setelah Xiaomi 14.

One Plus 12

Diperkirakan rilis di China pada Desember mendatang, OnePlus 12 menjadi smartphone berikutnya yang dipastikan akan berjalan dengan chipset Snapdragon 8 Gen 3. Hal tersebut didasarkan pada serangkaian bocoran yang disertai dengan penerapan berbagai peningkatan lainnya. 

Samsung Galaxy S24

 

Samsung diketahui telah banyak mengonfirmasi penggunaan Snapdragon 8 Gen 3 pada perangkat terbarunya di masa mendatang. Meskipun belum dikonfirmasi, seri Galaxy S24 yang diperkirakan meluncur awal tahun depan berkemungkinan besar akan mengadopsi chip andalan Qualcomm ini.

Honor Magic 6

Dikonfirmasi melalui akun resmi X perusahaan, Honor Magic 6 yang akan dirilis beberapa waktu mendatang juga masuk dalam daftar smartphone yang akan memulai debutnya dengan Snapdragon 8 Gen 3. 

Realme GT5 Pro

Realme juga telah mengonfirmasi rencana mereka untuk mengadopsi Snapdragon 8 Gen 3 sebagai chipset andalan produk terbarunya. Meskipun belum dijelaskan secara spesifik seri apa yang dimaksud, kandidat kuat yang diperkirakan saat ini adalah Realme GT5 Pro.

Di luar daftar di atas, beberapa merek besar smartphone Android lainnya yang juga diperkirakan akan mengadopsi Snapdragon 8 Gen 3 di antaranya:

? Asus

? iQOO

? Meizu

? Oppo

? Redmi

? Sony

? Vivo

? ZTE

? NIO

? Nubia

? RedMagic

Nah itulah daftarnya, semoga bermanfaat bagi kamu.***